Thursday, May 25, 2017

Filled Under:

Pastikan kucing Kesayangan anda bebas dari kutu kucing!

Banyak faktor yang menyebabkan kucing tertular kutu, sumber penyebaran paling sering karena beberapa hal berikut ini:
  • Penyebaran kutu terjadi karena ada kontak dengan kucing lain atau anjing yang sudah terlebih dahulu terinfeksi kutu.
  • Kutu bisa hidup di perabotan kayu anda dirumah, mereka bisa bersembunyi dan hidup disana sampai waktu yang cukup lama, jika kucing anda mendekat ke perabotan barulah mereka menyerang kucing anda.
  • Jika anda punya taman, kucing bisa saja terinfeksi kutu yang berasal dari kutu anjing, kelinci dan landak.

Mengapa anda perlu membasmi kutu kucing?

Ada beberapa alasan mengapa anda perlu menyingkirkan kutu kucing
  • Tidak sedikit jenis kutu kucing yang bisa menyebar ke rambut manusia juga.
  • Kutu kucing juga dapat membawa larva dari cacing pita yang berkembang dalam tubuh kucing.
  • Kutu dapat menyebabkan luka atau infeksi di kulit kucing.
Jika kutu terlalu banyak mengisap darah kucing kemungkinan kucing akan mengalami anemia yang berbahaya untuk anak kucing bahkan bisa berdampak kematian.

Beberapa kucing alergi terhadap gigitan kutu, mungkin anda sering mendengar kucing anda seperti berteriak dan menggaruk-garuk dirinya sendiri sampai berdarah. Jika hal itu terjadi kepada kucing anda segera temui dokter hewan terdekat untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Apakah kucing kita memiliki kutu?

Kutu bisa datang dari mana saja bahkan dari ruangan yang tertutup, banyak orang berpikir jika rumah selalu bersih dan tertutup maka kutu tidak akan ada, tetapi dari banyak kasus kutu kucing dapat datang dari mana saja dan dapat bersembunyi di dalam perabotan anda dirumah.
Nah sekarang bagaimana cara agar kita tau bahwa kucing kita tertular kutu atau tidak? Beberapa kasus mudah untuk kita tau bahwa kucing kita telah tertular, ada juga tanda-tanda yang sulit di mengerti, oleh karena itu mari kita bahas tanda-tanda umum kucing kita telah tertular kutu:
  • Cara paling mudah adalah memperhatikan jika kucing tiba-tiba terlihat kaget lalu menggaruk-garuk tubuhnya sendiri kemungkinan itu disebabkan oleh gigitan kutu.
  • Saat memperhatikan bagian leher dan ekor mungkin anda melihat ada binatang berwarna coklat kemerahan, ya benar itu adalah kutu kucing. Biasanya kutu akan sulit dilihat karena mereka mirip dengan kotorannya sendiri.
Saat anda menyadari bahwa kucing anda tertular kutu maka cara awal ialah menyisir kucing anda dengan sisir kutu khusus kucing, biarkan kucing anda berdiri di atas kertas putih atau kain putih yang lebar agar anda dapat dengan mudah melihat kutu yang jatuh dan sisir semua bulu kucing dari kepala sampai ekor. ( baca: Perawatan tepat mencegah bulu kucing rontok )

Mencegah lebih baik dari pada mengobati

Cara terbaik agar menghindari kucing kita tidak tertular kutu adalah memastikan lingkungan sekitar kucing kita beraktifitas bebas kutu. Jadi apa yang perlu kita lakukan?
  • Pastikan kita tau banyak tentang kutu, dengan memiliki sedikit pengetahuan tentang kutu ini akan menjadi modal awal kita untuk mengatasi masalah ini secara efektif.
  • Pastikan lingkungan dimana kucing beraktifitas tetap bersih, kutu biasanya hidup di karpet, tempat tidur dan sela-sela lemari jadi luangkan waktu untuk membersihkan bagian-bagian itu secara rutin.
  • Kondisi tubuh kucing harus selalu prima, banyak orang percaya bahwa kondisi kucing yang kurang sehat lebih rentan tertular kutu. Oleh karena itu pastikan asupan makanan yang diberikan adalah makanan kucing terbaik.
  • Grooming secara teratur dapat menghilangkan kutu dan membawa sisa-sisa telur kutu yang menempel dibulu kucing. Sering menyisir bulu kucing setelah mandi juga salah satu cara agar kucing terhindar dari kutu.
  • Cara paling ampuh adalah membasmi kutu kucing dengan shampoo khusus dan obat khusus kutu kucing, obat kutu dapat anda oleskan dari leher sampai ekor kucing atau bagian tertentu yang tertular kutu.





0 ulasan:

Post a Comment