Wednesday, May 31, 2017

Filled Under:

MAKANAN YANG BAIK/BOLEH DAN TIDAK BAIK/BAHAYA BAGI KUCING

Sering kita baca pertanyaan 'apa kucing boleh makan ini' 'kenapa gaboleh makan itu ?' di grup2 perkucingan berikut penjelasan makanan yang baik dan tidak baik bagi kucing
Semoga ini membantu ya :
Boleh dan baik : - Sayuran : Asparagus , Bayam , Brokoli & Wortel (matang) , Kacang Polong & Buncis , Labu Haloween(pumpkin) - Buah : Blueberi , Melon , Blewah(all winter squash boleh), Semangka (tanpa biji) , Pisang & Apel - Daging & Hati Sapi : , Ayam , Kalkun , Kambing/Domba - Kaldu Asli : dari rebusan daging tanpa garam dan bumbu apapun , bukan kaldu instan/kemasan/bubuk/block ya - Ikan (matang) - Timun tanpa biji & Timun Jepang - Kuning Telur (matang) : telur mentah membawa bakteri salmonela n e.coli (menyebabkan diare) , sedangkan putih telur mengandung avidin yang dapat mengganggu penyerapan vit B sehingga dapat mengakibatkan gangguan kulit pada kucing . Lagipula protein yang diserap oleh kuning telur mentah hanya 51% sedangkan pada kuning telur matang 91 % . - Roti (sesekali) - Gandum (oats) pada sereal sebaiknya yang tidak mengandung - Polenta (jagung kuning/putih yg dikeringkan) - Produk susu : Yogurt (plain-rendah lemak) & Keju (sedikit) - Ubi tanpa kulit - Minyak Ikan (minyak hati ikan tidak boleh sering2) Tambahan (tidak ada dalam tabel) : - Daging mentah dibekukan(frozen raw food diet) : pembekuan minim 3 hari , lebih baik jika 7 hari , berikan pada kucing setelah di defrost atau siram saja menggunakan air mendidih . - Hati dan jantung : sesekali diberikan tapi tidak boleh keseringan karena akan menyebabkan hipertaminosis vitamin A .
Tidak boleh dan tidak baik : - Nasi : saluran pencernaan kucing itu sulit untuk mencerna karbohidrat . Nasi memang bisa menjadi sumber energi , tapi tidak perlu terlalu banyak . Karena grains tidak dapat dicerna oleh lambung kucing dan akan membuat organ dalamnya harus bekerja lebih berat sehingga mempercepat radang usu, gagal ginjal , n sakit pencernaan lainnya
- Kafein : (kopi , teh, energi drinks , dll) : kafein akan merangsang sistem saraf dan menimbulkan gemetar serta muntah atau diare .
- ALKOHOL : mempengaruhi sistem saraf semua hewan . Mengakibatkan disorientasi , muntah-muntah , diare , lesu , kehilangan koordinasi fungsi tubuh , sulit bernapas , kejang , hingga koma .
- Tulang yg dimasak maupun mentah : dapat menyebabkan kucing tersedak , ketulangan dan pecahan tulang dapat menyebabkan pencernaan serta mulut kucing terluka .
- Obat dan Suplemen Manusia : menyebabkan pencernaan terganggu , beracun bagi beberapa organ termasuk hati dan ginjal . Obat yang sepertinya biasa untuk manusia seperti obat tetes mata , vitamin , antibiotik(ygsebenarnya harus pake resep dokter) dll juga bisa berbahaya untuk kucing apalagi jika ada tanda lingkaran merah yg menandakan itu obat keras .
- Parasetamol atau asetaminofen : kucing kekurangan enzim transferase glucuronyl yang diperlukan untuk memecah parasetamol , dalam beberapa menit setelah pemberian obat ini dapat berakibat fatal pada kucing . Awal gejala yakni muntah , air liur keluar terus (hipersalivasi) , dan perubahan warna (discolouration) lidah dan gusi . Beberapa jam pertama , kucing yang terpengaruh obat parasetamol akan bernapas menjadi lebih cepat, lidahnya menjadi biru dan jantung berdetak lebih cepat . Hal tersebut disebabkan oleh efek berkurangnya oksigen dalam sirkulasi darah . Kucing kemungkinan besar akan tertekan , muntah , atau mengalami kebengkakan pada kepala dan kaki . Jika kucing bertahan dari gejala awal ini , dalam beberapa hari ke depan kucing kemungkinan besar akan menghasilkan urin yang berwarna merah darah , terjadinya sakit perut (diare/enteritis), dan mungkin menjadi jaundiced ( di mana mata menjadi kuning ) .
- Bawang-bawangan : (putih , merah , bombay , lokio , daun bawang , bawang prei dll) : semua jenis bawang mengandung bahan kimia yang dapat merusak sel darah merah pada kucing dan anjing , sekaligus menyebabkan anemia . Dapat menimbulkan gejala muntah- muntah , urin berwarna kemerahan , lesu , dan anemia . Meskipun kita telah memasak makanan ini , tetap tidak mengurangi kadar racunnya .
- Anggur & Kismis : dapat menyebabkan gagal ginjal dengan gejala lemah , lesu , muntah , sering buang air kecil dan diare .
- Xylitol pada permen Karet , permen , pemanis buatan , odol , penyegar mulut , berbahaya bagi anjing dan kucing karena menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) dan meningkatkan sekresi insulin . Xylitol juga dapat menyebabkan kerusakan hati pada anjing dan kucing . Dalam waktu 30 menit setelah makan makanan yang mengandung xylitol terjadi muntah , lesu , kejang , diare dan/atau menjadi tidak terkoordinasi atau bertingkah aneh .
- Jamur : dapat mengandung racun yang menyerang berbagai sistem dalam tubuh kucing , mengakibatkan syok dan kematian mendadak .
- Ikan/Daging Kalengan untuk manusia(terutama tuna kalengan) : mengandung bumbu2 termasuk bawang , garam dan bahan pengawet . Jika sering dikonsumsi akan menyebabkan malnutrisi karena kandungan vitamin dan mineral yang sangat rendah .
- Susu : kucing tidak dapat mencerna laktosa , jika ingin memberikan susu sebaiknya susu kucing atau kambing atau susu rendah/tanpa laktosa .
- Lemak : dapat menyebabkan diare , mutah dan gangguan usus .
- Kacang-kacangan terutama Macadamia : kerja racun pada kadang macadamia belum dipahami dengan baik , tetapi gejala klinis yang terjadi pada kucing(biasanya 12 jam setelah mengkonsumsi) adalah depresi , lemah , muntah , tremor , nyeri sendi , dan gusi pucat .
- Makanan yg Digoreng : menyebabkan bulu kucing rontok
- Ikan Mentah : enzim pada ikan mentah mengganggu penyerapan thiamin pada tubuh kucing , dapat menyebabkan kerusakan syaraf , kehilangan selera makan dan kejang . - Biji-bijian dan padi-padian : ada beberapa bebijian yang mengandung cyanide-misal biji apel dan pir(beracun bagi hewan dan manusia) , sementada beberapa jenis padi- apdian banyak mengandung gluten .
- Adonan roti mentah : karena mengandung ragi akan menimbulkan gas di dalam perut , yang bisa menimbulkan keracunan alkohol . Gejala yang ditimbulkan antara lain ; muntah , disorientasi , diare , lesu , sulit bernapas , dll .
- Alpukat : daun pohon alpukat , buah , dan kulit batang tanaman cenderung semua beracun . Alpukat mengandung persin , yang bisa merusak otot jantung binatang . Tanda- tanda klinis pada anjing dan kucing muntah , diare , lesu , dan kesulitan bernapas .
- Kesemek : dapat menyebabkan obstruksi dan radang usus terutama bijinya .
- Tomat Hijau : mengandung alkaloid yang pahit dan beracun bernama Glycoalkaloid Solanine . Senyawa ini bisa menimbulkan gejala gastrointestinal bawah(penyakit pencernaan) . Daun dan batangnya adalah bagian yang paling berbahaya . (Sekedar catatan , tomat dalam makanan kucing tidak berbahaya karena sudah matang dan kadarnya relatif kecil) .
- Coklat : mengandung theobromine , zat kimia yang menjadi racun bagi kucing dalam jumlah cukup besar . Cokelat juga mengandung kafein yang ditemukan dalam kopi , teh , dan minuman ringan tertentu . Berbagai jenis cokelat mengandung jumlah theobromine dan kafein yang berbeda , misalnya , dark chocolate dan coklat masak mengandung lebih dari senyawa ini dibandingkan dengan coklat susu . Cokelat juga bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung semua spesies binatang , khususnya anjing dan kucing . Keracunan coklat dapat menyebabkan muntah , diare , kehausan , demam , denyut jantung cepat atau tidak teratur , gelisah , tremor otot , dan kejang . Kematian dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah anjing dan kucing menelan coklat . - Santan/coconut milk : - Bunga Lily dan beberapa lagi - Bubur bayi : mengandung susu dan kadang bubuk bawang putih - Marijuana/ganja : menyebabkan muntah , nervous , dan jantung berdetak cepat . - Garam : dapat menyebabkan ketidak seimbangan elektrolit - Gula pada makanan terutama gula buatan : menyebabkan masalah gigi , kegemukan dan akhirnya diabetes melitus . - Tembakau : kandungan nikotin menyebabkan muntah , nervous , jantung berdetak cepat , koma dan kematian . - Makanan anjing(dog food) : dalam porsi kecil oke aja , tapi jika terlalu sering dapat menyebabkan malnutrisi dan penyakit jantung . - Durian : mengandung sedikit alkohol






0 ulasan:

Post a Comment