Tuesday, May 16, 2017

Filled Under:

Kelakuan Aneh Kucing


1. Kucing tak suka mandi
Kebanyakan kucing rumah tak suka air atau mandi. Sebaliknya anjing, sebagian tak masalah kalau terkena air atau dimandikan. Mengapa begitu? 

Alasannya sebab tubuh kucing itu lebih lama kering dibandingkan anjing. Begitu kata Kelley Bollen, Direktur Program Perilaku di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Cornell. 

Bisa jadi juga, kucing itu lebih suka merasakan keempat kakinya di permukaan yang solid ketimbang merasakan sensasi mengapung di air.

Sedangkan anjing, ada anjing yang memang dekat dengan air, seperti anjing air di Portugal dan spaniel dari Irlandia. Tapi kebanyakan anjing itu nyaman-nyaman saja basah-basahan ketika masih kanak-kanak. Sebaliknya, kucing tak suka.

2. Kucing suka stretching
Kucing sangat suka stretching alias peregangan. Ini rupanya bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan rasanya enak. Begitu ujar Andrew Cuff, peneliti di Royal Veterinary College di London. Kucing itu tidur antara 12 sampai 16 jam sehari. Jadi, mereka kurang banyak bergerak. Nah, stretching itu membantu mereka meningkatkan kembali tekanan darah yang menurun saat mereka tidur. Dan stretching membantu kucing untuk segera bergerak, misalnya mengejar tikus.

3. Mengapa anjing berputar dulu sebelum berbaring?
Anjing biasanya melakukan sebuah putaran sebelum berbaring. Perilaku ini, kata Leslie Irvine penulis buku If You Tame Me: Understanding Our Connection With Animals, berhubungan dengan nenek moyang anjing dari masa purba. Saat itu, anjing liar akan berjalan dalam lingkaran untuk membuat sarang. Ini juga berguna mengusir ular atau serangga yang dapat mengganggu sarangnya. Sarang juga menjadi penanda teritorial bagi anjing, supaya anjing lain menjauh.

4. Anjing pup menghadap utara atau selatan
Coba perhatikan, sebagian anjing pup dengan orientasi Utara-Selatan atau sebaliknya. Para peneliti sampai menghabiskan waktu 2 tahun meneliti 70 ekor anjing dari berbagai ras, untuk mencari tahu mengapa ada perilaku semacam itu. Mereka hanya berkesimpulan bahwa 57 ekor yang mereka teliti, memang cenderung pup dengan orientasi Utara-Selatan atau sebaliknya. Apa sebabnya? Penelitian yang dimuat di jurnal Frontiers in Zoology itu belum memastikan.

5. Kucing menguburkan kotorannya
Kucing biasanya menguburkan kotoran mereka setelah pup. Menurut penelitian, itu adalah upaya kucing untuk menghindari predator. 

6. Kucing bawa pulang bangkai
Banyak kucing masih memiliki perilaku membawa pulang bangkai hewan yang mereka bunuh, seperti tikus, burung, dan sebagainya. Padahal mereka sudah diberi makan oleh tuannya. Menurut penelitian, ini adalah perilaku purba yang tak hilang sejak kucing didomestikasi pada 10.000 tahun lalu. Sebabnya, kucing itu memang hewan yang suka memakan beberapa macam makanan setiap hari. Istilahnya suka berganti-ganti menu. 




0 ulasan:

Post a Comment